RPP Berkarakter Matematika SD
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§
Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan
perhitungan secara efisien
§ Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§
Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§ Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
E.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan,
Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
ke 1-2
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada
kelas sebelumnya
§
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa
memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari,
misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan 4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat
komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik
kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaanrumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3-5
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan
bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menjelaskan
cara membulatkan bilangan dan menaksir
dengan menggunakan garis bilangan.
dibulatkan ke bawah
dibulatkan ke atas
F
Kemudian
melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu
siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi
hitung.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§
Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
§
Kancing Baju
§ White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggunakan sifat komutatif,
asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
o
Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan,
puluhan, dan ratusan terdekat
o
Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
|
Tugas
IndVidu
dan
Kelompok
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
o
50
+ 17 = …….+…….
o
–12
X 5 = …….+……
o
12
+ ( 14 + 70) = (….+….) + ….
o
10
X (-19 X 5) = (….+…) + ….
o
–14
X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
o
dst.
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
* sebagian
besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
..........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menggunakan Faktor Prima untuk menentukan FPB dan
KPK.
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat
§
Menentukan KPK dari dua bilangan
§
Menentukan FPB dari dua bilangan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
KPK dan FPB
§
Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari
§
Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari
E.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, diskusi, Ekspositori, deduktif,
Tanya jawab, latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari hari yang
berhubungan dengan FPB dan KPK.
§
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Menggunakan Faktor
Prima untuk menentukan FPB dan KPK
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan menggunakan benda disekitar
untuk membangun pemikiran siswa mengenai konsep FPB dan KPK, Misalnya
dalam membagi 20 koin seratus dan 25
koin lima ratus sama rata membutuhkan berapa wadah? Berapakah jumlah
masing-masing koin pada setiap wadahnya? (konsep FPB) atau menghitung jadwal
keberangkatan kereta api kapan kedua kereta itu dapat pergi sama-sama? (konsep
KPK) dll. Setelah diberikan permasalahan tersebut siswa berdiskusi membuat
kesimpulan bersama-sama mengenai definisi FPB dan KPK.
F
Menjelaskan
cara mencari FPB dan KPK menggunakan
faktorisasi prima, sebelumnya siswa diingatkan terlebih dahulu apa yang
dimaksud dengan bilangan prima.
F
Siswa
diuji keterampilan dan kemampuan dengan
mengerjakan soal-soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaanrumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§
Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
§ Koin Logam , manilk-manik, jam beker dll
§ White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengunakan faktor prima dan
faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
FPB dan KPK
|
Tugas
IndVidu
dan
Kelompok
|
Isian
|
o
Carilah FPB dan KPK dari 32 dan 60!
o
Carilah FPB dan KPK dari 15, 25 dan 30!
o dst
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Comments
Post a Comment