RPP Berkarakter Kelas IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks
kelas
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong
2. Siswa dapat mewarnai gambar sesuai
dengan apa yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa dapat melengkapi dan memperagakan
dialog
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melengkap dialog-dialog yang masih
kosong
2. Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa
yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa melengkapi dan memperagakan dialog
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa
bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa diminta membuka buku pada halaman materi
yang akan dipelajari.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa
diminta bekerja sama dengan yang teman yang duduk di sebelahnya untuk menebak
isi dari titik-titik dialog yang masih kosong.
Pada
saat mendengar, siswa mengisi titik-titik yang masih kosong.
Guru
dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
Jika materi yang dipelajari tentang mewarnai
gambar, siswa diminta untuk menyiapkan pensil warna sebelum mulai mendegarkan
kaset/CD.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Guru
membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta
siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
Jawaban
tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan
yang benar atau kalau mewarnai, siswa harus dapat mewarnai gambar dengan warna
yang benar.
Guru
meminta siswa untuk memperagakan dialog-dialog yang baru mereka lengkapi dengan
teman-temannya. Siswa dapat melakukannya di tempat duduk masing-masing.
Selama
siswa melakukan kegiatan ini,
guru mengitari siswa dan memastikan siswa memperagakan dialog dengan benar.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon
dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
§
Merespon
dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
§
Merespon
dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog
|
·
Tes tulis
·
Tes tulis
·
Unjuk kerja
|
·
Melengkapi dialog
·
Mewarnai gambar
· Responding
|
Listen and complete the dialogues.
A: Good _______.
B: ___________________.
Listen and colour the pictures.
(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)
Listen, complete and act out the dialogues.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mengulang apa yang
didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang didengar
dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan
suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan
suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa
bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa
diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon
dengan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa
mengulang secara kelompok/individu.
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Guru
menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD
secara verbal.
Guru
memberikan komentar dengan
mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon
dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§
Merespon
dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How are you
today?
Siswa: (mengulang)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi
salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
mengenalkan diri
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
salam/sapaan
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
salam perpisahan
4.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
memberi aba-aba
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa
bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Guru memberikan contoh dialog-dialog yang
berkaitan dengan materi.
Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
Selama
siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang
dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Mengenalkan
diri
§
Memberi
salam/sapaan
§
Memberi
salam perpisahan
§
Memberi
aba-aba
|
·
Tes
lisan
·
Unjuk
kerja
·
Unjuk
kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
·
Bermain
peran
|
Answer the questions orally!
What is your name?
How old are you?
Act out the dialogues in front of
the class!
(siswa secara berpasangan atau
berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)
Perform a role play
with your friend about asking and giving personal information!
(terdapat dialog yang harus diperagakan siswa
bersama teman sekelasnya)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan,
meminta barang, dan memberi barang
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
meminta bantuan
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta
barang
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
barang
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa
bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Guru memberikan contoh dialog-dialog yang
berkaitan dengan materi.
Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong dalam buku teks.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
Selama
siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang
dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
Guru
memberikan komentar dengan
mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Meminta
bantuan
§
Meminta
barang
§
Memberi
barang
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the
questions orally.
(siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah
dipelajari)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih,
meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
berterima kasih
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta
maaf
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
maaf
4. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
melarang
5. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memuji
6. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
mengajak
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Comments
Post a Comment