Silabus Bahasa Inggris Sekolah Dasar


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
1.        Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah 


Contoh:

Kaset/CD: It’s ten o’clock.

Siswa: (melingkari gambar jam 10)

Kaset/CD: It’s wedensday.

Siswa: (melingkari nama hari)


Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja













Responding










Listen and circle the correct time.
Kaset/CD: It’s half past three.
Siswa: (melingkari gambar jam 3.30)


2 x 35 menit


·  Rekaman kaset/CD
· Buku teks




Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal






Contoh:

Kaset/CD: Listen and repeat the dialogues.

Siswa: (mengulang dialog)

Kaset/CD: Listen and answer orally. 

Siswa: (menjawab secara lisan)



§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§ Siswa bersama-sama merespon apa yang didengar dari kaset/CD secara lisan


§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
§ Merespon apa yang diengar dari kaset/CD secara lisan


·  Unjuk kerja











·  Tes lisan










·   Responding












·   Merespon dengan menjawab secara lisan



Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How many months are there in a week?
Siswa: (mengulang)


Listen and answer orally.
(rekaman kaset/CD): Tomorrow is Wednesday. What day was it yesterday?
Siswa: Monday (menjawab secara lisan)


2 x 35 menit


·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
·   Script percakap-an


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

 




SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

Contoh:

A: What time is it?
B: It  is a quarter past ten.

A: Touch your leg.

B:Point to your ears. 







§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Memberi contoh melakukan sesuatu
§ Memberi aba-aba
§ Memberi petunjuk


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja





·   Pertanyaan



·   Performance






·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogues in front of the class!




4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga






Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                    
B: Yes, I want cabbage, please.


(Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42)





§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta bantuan
§ Memberi bantuan
§ Meminta barang
§ Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang


Contoh:

A: Duan is my brother. Alya is my sister. Come and visti my family.                                 




§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Mengenalkan diri
§ Mengajak
§ Meminta ijin
§ Memberi ijin
§ Menyetujui
§ Tidak menyetujui
§ Melarang

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind... dan Shall we...


Contoh:

A: Do you mind giving me some food?
B: Sure.

A: We cannot enter this door. Shall we find another one?
B:  Ok.





§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
§ Do you mind...
§ Shall we ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )


SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1.   Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana




Ucapan, tekanan, dan intonasi kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari


§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
§  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

§ Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar



§ Tes unjuk kerja


§ Observasi











§ Uji petik membaca nyaring

§ Lembar observasi










Read the time aloud.


Read all parts of the body loudly and carefully.








2 x 35 menit


·   Buku teks
·   Alat peraga
















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.2.   Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima


·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Pesan tertulis sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


§ Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi


§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks

Read the text and fill in the timetable according to the text.

2 x 35 menit











Buku teks


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Menulis
4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1.   Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima


Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana



Mengeja kalimat bahasa Inggris sangat sederhana



Mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar



Tes tulis






Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar


Rearrange the words into good sentences. 



4 x 35 menit





·   Buku teks
·   Alat peraga



4.2.   Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan


Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana


Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana




Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar




Tes tulis








Menulis kalimat sangat sederhana




Write your own family.




4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga




v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

 





Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

Comments

Popular posts from this blog

RPP Berkarakter Kelas IV

RPP Berkarakter Matematika SD